93253887-naked-woman-rear-view-close-up-gettyimagesRahasia Awet Muda
Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang sangat kuatir dengan keriput diwajah yang tidak mau hilang, dia minta resep agar kulitnya bisa kembali seperti umur 16 tahun, serius. Permintaan yang sulit tanpa ke dokter bedah plastik saya katakan.
Namun demikian, jangan kuatir, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan jangan kita lakukan agar kita tetap awet muda, atau paling sedikit penampilan kita tidak lebih tua dari yang seharusnya.

Tips memperlambat penuaan dini
Memang tidak ada cara untuk menghentikan penuaan seseorang, tapi orang tetap berusaha mengakali dengan berbagai cara, misalnya operasi plastik atau menyuntik dengan berbagai macam obat yang membuat seolah-olah tampak masih muda. Cara-cara demikian tentu saja mengandung banyak risiko dan biasanya yang ditampilkan hanya kelihatan muda dari luar saja. Sebenarnya yang penting adalah muda luar dan dalam, kulit kita menggambarkan apa yang terjadi didalam tubuh yang tidak kelihatan.

Penyebab penuaan ada dua yang utama:
Pertama adalah jam biologis yang ada pada setiap sel, Sel akan mati pada saat tertentu tidak peduli berapa dijaga kesehatannya sekalipun.
Kedua adalah radikal bebas yang akan menyerang sel tubuh, merusak struktur kimia sel, menyebabkan degenerasi selular, penuaan dini, dan penyakit seperti kanker.

Radikal bebas ini didapat dari dua sumber
Pertama dibuat oleh tubuh sendiri akibat proses metabolisme sehingga dihasilkan sampah yang bersifat radikal bebas.
Organ tubuh melalui hati, ginjal, paru-paru, kulit, dapat membuang sebagian radikal bebas ini, namun ada juga sebagian yang terkumpul dalam tubuh, inilah yang menyebabkan penyakit dan penuaan dini.
Kedua adalah radikal bebas yang berasal dari luar tubuh, seperti asap rokok, obat-obatan, pestisida, sinar UV yang terlalu kuat dan kontaminan lain yang bersifat radikal bebas dan merusak sel, mempercepat penuaan dan penyakit.

Sekarang bagaimana menunda/ memperlambat penuaan dini?
Ada setidaknya tiga cara efektif untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyebab penyakit:
a. Naikkan kemampuan tubuh dalam proses detoksifikasi. Kita dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi ini yaitu melalui cara berikut ini:

  • Tingkatkan pembuangan melalui ginjal/air seni, caranya bagaimana? Sederhana sekali, minumlah banyak air bersih dan makan sayuran dan terutama buah yang mengandung banyak airnya.
  • Bantu sistem detoksifikasi hati melalui buah dan sayur yang dapat meningkatkan produksi asam empedu seperti jeruk lemon, jeruk nipis, minyak zaitun, pepaya, brokoli, dsb.
  • Lakukan BAB secara teratur setiap hari
  • Berolah raga sedang secara teratur hingga berkeringat.

b. Hindari segala bahan kimia dan kontaminasi obat-obatan sebisa mungkin, artinya kalau bisa makanlah sayuran dan buah yang ditanam secara organik, hindari dari paparan asap rokok dan asap polutan dari mesin atau polutan lainnya, hindari juga dari bahan-bahan kimia seperti obat serangga, bahan kimia pembersih, dll. Sekarang mulai trend pola hidup eco friendly.
c. Konsumsi antioksidant yang berasal dari tanaman alami, terutama buah dan sayuran yang berlimpah dengan antioksidan.

Ada beberapa makanan terbaik untuk anti penuaan dini.
1. Buah sitrus yang mengandung tiga komponen yang efektif antioksidan: beta kerotene, vitamin C, dan flavonoid yang akan menetralisir radikal bebas dan melindungi sel dari penuaan dini.
2. Bawang bombay dan seledri yang baik untuk membersihkan darah dan membantu air seni membuang sisa sampah yng harus dikeluarkan dari tubuh.
3. Almond adalah sumber antioksidant vitamin E, baik juga untuk mencegah kanker dan penyakit pembuluh arteri.
4. Keluarga berries merupakan buah yang paling kaya akan kandungan antioksidan.
5. Bawang putih dan Brazil nut yang kaya akan selenium, sangat penting bagi fungsi enzym antioksidan dalam tubuh sendiri, sangat bermanfaat juga untuk mencegah kanker dan penyakit pembuluh arteri.
Dan tentu bukan hanya ini saja, makanlah berbagai jenis buah dan sayuran dengan berbagai warna warni secara bergantian, maka anda akan mendapatkan perlindungan yang ampuh secara lengkap luar dalam. Tubuh sehat, kulit cerah dan awet muda.