157608726-four-stages-orf-gout-arthritis-gettyimagesMengenal dan mengatasi Gout / Asam urat secara alami.

Kita sering sekali mendengar tentang penyakit gout, tapi tidak banyak yang tahu harus berbuat apa dengan penyakit ini. Ada banyak kesalah-pahaman tentang penyakit ini sehingga sangat merugikan kualitas hidup penderitanya. Celakanya sekarang ini kasus penderita gout semakin meningkat pesat, jadi ada baiknya kita mengenal penyakit ini dan belajar menghindarinya.

Dahulu gout dianggap sebagai penyakit para raja dan bangsawan yang senang berpesta pora dengan makanan yang mewah-mewah. Walaupun ada benarnya namun sebenarnya penyakit gout dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan. Dalam hal gout, wanita lebih beruntung karena jauh lebih jarang terserang dibandingkan pria.

Apakah Gout?

Gout adalah salah satu bentuk yang paling umum dari penyakit Arthritis / radang sendi dan juga yang paling menyakitkan. Serangan pertama biasanya terjadi pada salah satu sendi jempol kaki, tapi bisa juga terjadi di siku, lutut, tumit dan pergelangan tangan.

Jika penyebab gout ini dibiarkan, serangan rasa sakit akan makin sering dan semakin lama berlangsungnya.

Gout terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah dan dalam jaringan tubuh. Lama kelamaan asam urat dalam tubuh ini semakin jenuh dan akan membentuk kristal seperti jarum. Jika kristal asam urat ini masuk kedalam persendian, maka akan menyebabkan peradangan, dan daerah sekitarnya menjadi bengkak, merah dan sakit luar biasa. Kristal ini juga bisa terbentuk dalam ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Apakah asam urat itu sendiri?

Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme Purin dalam sel-sel tubuh. Purin terdapat pada berbagai makanan yang kita makan. Purin sendiri bukanlah sesuatu yang buruk, ia merupakan antioksidant yang sangat ampuh, hampir seampuh vitamin C dalam melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi. Purin baru akan menjadi masalah jika sangat berlebihan dalam tubuh.

Penyebab menumpuknya Purin dalam tubuh adalah terutama karena konsumsi yang berlebihan akan makanan yang kaya purin serta sebab lainnya adalah karena ketidak mampuan tubuh dalam membuang purin dengan baik dan Ini juga bisa menjadi indikator buruknya fungsi ginjal.

Apakah anda berisiko terserang gout?

  • Anda akan berisiko jika memiliki tubuh yang lebih gemuk atau obesitas,
  • menderita tekanan darah tinggi,
  • banyak memakan seafood dan banyak mengkonsumsi protein hewani,
  • suka makanan dan minuman yang manis-manis dan
  • seorang peminum alkohol.

Jika seseorang terserang gout, biasanya dokter akan memberikan penanganan dengan tiga tahapan:

  • Tahap pertama dengan menggunakan obat anti radang jenis non-steroid (NSAID) atau yang lainnya untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, namun tentu kita harus hati-hati dengan obat-obatan ini karena seringkali kontraindikasi dengan penyakit yang lain, serta memiliki efek samping yang tidak baik. Cara tradisional yang lain adalah melalui kompres air dingin atau es dan jangan banyak menggerakkan bagian yang sedang sakit.
  • Tahap kedua dokter mungkin akan menganjurkan pantang makanan tertentu dan perubahan gaya hidup tertentu, Sebenarnya pendekatan perubahan gaya hidup adalah hal yang terpenting, karena dengan perubahan gaya hidup, bukan saja mencegah kambuhnya gout, tapi juga akan mencegah penyakit lainnya yang berhubungan dengan pola hidup yang salah. Penyakit gout yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan persendian permanen dan juga fungsi ginjal.
  • Tahap ketiga. Adalah upaya untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan dalam jaringan tubuh hingga dibawah batas maksimal. Kemungkinan dokter akan menganjurkan penggunaan obat seumur hidup untuk mencegah meningkatnya asam urat ini. Sebagaimana kita ketahui, tidak ada obat yang tidak memiliki efek samping, jadi langkah inipun sebaiknya dihindari sedapat mungkin, karena dengan hanya perubahan gaya hidup saja kemungkinan besar gout bisa disembuhkan.

Bagaimana mengatasi gout secara alami dan bebas efek samping?

  • Pada saat awal serangan gout, makanlah hanya buah-buahan dan sayuran mentah selama beberapa hari. Makanlah buah berries seperti bluberries, strawberries, cherries yang dapat menetralisir asam urat.
  • Jagalah agar tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu tinggi kandungan purinnya. Seringkali orang menghindari sama sekali makanan tertentu yang baik, seperti sayuran hijau, bayam, kembang kol, lentil, polongan, kacang kedelai, oat, dan kacang-kacangan. Jika menghindari makanan ini, akibatnya kita juga tidak mendapatkan manfaat yang baik daripadanya, jadi makanlah makanan yang baik namun kaya akan purin dalam porsi yang lebih sedikit saja. Menurut penelitian, makanan vegetarian/ nabati yang kaya akan purin jauh lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gout dibandingkan makanan hewani dan seafood.
  • Hindarilah sama sekali makanan tinggi purin seperti jeroan, seafood seperti contohnya udang, cumi, kepiting, kerang, ikan teri, dan ikan sardin, kemudian daging cincang, segala macam daging, kacang tanah, roti-roti manis dan makanan yang mengandung ragi, termasuk kue dan cake dan juga kopi dan minuman cola serta minuman ringan lainnya.
  • Hindari atau kurangi makanan goreng-gorengan dan minyak yang telah agak tengik.
  • Hindari sama sekali minuman beralkohol, terutama bir karena dapat meningkatkan produksi asam urat dan menghambat pembuangannya.
  • Jika kelebihan berat badan, kurangilah secara perlahan. Mengurangi berat badan akan menurunkan kandungan asam urat dalam darah dan juga mengurangi tekanan pada persendian. Menurunkan berat badan secara cepat dan puasa berkepanjangan lebih dari tiga hari justru akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga menimbulkan sakit gout.
  • Jangan lupa untuk minum air bening yang cukup, minimal 8-10 gelas sehari akan sangat membantu pembuangan asam urat dari tubuh anda.

Sebagai tambahan, faktor nutrisi juga berpengaruh terhadap penyakit gout. Kekurangan nutrisi seperti misalnya vitamin B5 , vitamin E juga dapat meningkatkan asam urat. Sementara kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan gout.

Konsumsi vitamin C yang cukup akan mengurangi risiko terserang gout karena vitamin C dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui ginjal.