Saat dokter memberitahukan bahwa kita terkena kanker, reaksi kita pasti berbeda-beda. Ada yang shock, ada yang ingin rujukan dokter lain, ada juga yang mungkin menangis.

Tapi perlu kita ketahui bahwa setiap jenis kanker berbeda-beda dan unik. Kita tidak bisa menyamakan jenis kanker dan jenis perawatan dari penyakit kanker ini.

Bagi setiap penderita kanker, setiap detik dan menit adalah anugrah dari Tuhan yang tidak mungkin disia-siakan.

Salah satu cara menghadapi kanker adalah dengan menerima realita, menerima setiap penyakit dan temukan kekuatan untuk melangkah maju.

Kanker adalah kerusakan dari inti sel. Ini bukanlah suatu proses yang cepat, karena untuk kerusakan bisa masuk ke inti sel, ia harus melewati proses yang panjang dan menembus banyam sistem pertahanan tubuh.

Kanker dapat menyerang setiap bagian dalam tubuh kita. Maka dari itu, kita perlu berhati-hati karena setiap orang beresiko untuk mendapatkan penyakit ini.

Kanker dan tumor adalah 2 hal yang berbeda. Tumor bukanlah kanker. Ia tidam menyebar dan menyerang sel lain atau bermetastasis. Akan tetapi tumor yang menjadi ganas, telah menjadi kanker.

Tanda dan gejala dari kanker:

  • Sulit bernafas

  • Susah menelan

  • Luka yang sulit sembuh

  • Tengah malam sering berkeringat

  • Turun berat badan walau tidak diet

  • Darah pada feses dan air kencing

  • Sering batuk

  • Rasa nyeri dan sakit

  • Ada dan muncul benjolan

Melalui stadium pada kanker ini kita dapat mengetahui perawatan apa yang perlu dilakukan.

Kedokteran sering menyebut proses ini dengan biopsi. Sebuah kegiatan untuk mengambil sample sel untuk melihat tipe dari kanker ini.

Setelah proses biopsi terjadi, apabila tindakan tidak segera dilakukan, maka sel kanker akan menyebar dengan cepat. Jadi bila informasi ini tidak diketahui, maka akan dapat membahayakan kita.

Dalam pengobatan kanker, perlu diketahui penanda tumor yang primernya. Dengan ini dapat membantu kita mendiagnosis penyebaran tumornya.

Contohnya: Mungkin kita berfikir bahwa kanker yang kita miliki adalah kanker otak, tapi jika primer penanda tumornya adalah di paru, maka pengobatan yang dilakukan bukan diarahkan pada otak tapi pada paru.

 

Apa itu Kanker Metastatis?

Sebuah kondisi dimana sel kanker melepaskan diri dari asalnya, lalu menyebar ke organ tubuh yang lain.

Secara teorinya, adalah sulit hal ini terjadi. Mereka harus memisahkan diri dari tumor asli dan masuk ke pembuluh darah atau sistem limfatik yang membawa mereka ke bagian tubuh lainnya. Karena sel kanker tidak akan bisa hidup di tempat yang asing. Untuk bisa tumbuh dan hidup di lokasi baru, mereka harus mampu melawan serangan dari sistem imunitas tubuh.

Sementara jika pengobatan kanker yang dilakukan seperti kemo dan sinar justru akan menurunkan imunitas tubuh. Apalagi disaat dokter menyarankan untuk makan apa saja yang bahkan orang sehat agak berjaga-jaga dalam memakannya. Ini justru akan sangat berbahaya.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga apa yang kita pikirkan dan bagaimana cara kita hidup.

Walaupun memiliki baju yang tidak matching, dan tidak bermerek, itu tidak mengapa. Yang penting tetap hidup. Motor butut, tidak jadi masalah. Yang penting tetap bisa hidup dengan sehat. Jangan habiskan waktu dalam mengejar uang dan karir dibarengi dengan stress dalam hidup dan kurang waktu tidur.

 

Lalu apa yang harus kita lakukan jika didiagnosa mengidap kanker?

Pertama-tama, jangan salahkan Tuhan. Jangan salahkan keadaan karena hal itu sudah terjadi.

Jika kita makan makanan berlemak, jangan berharap kita akan bisa lepas dari penyakit kanker. Sama seperti seseorang dengan tekanan darah tinggi yang makan makanan berlemak tinggi dan berharap tekanan darahnya tetap normal.

Karena penyakit tidak mungkin datang tanpa penyebab.

Dan sangat penting bagi kita untuk memiliki mental seorang pejuang. Tidak melihat kebelakang dan mengeluh terus menerus.

Apa terapi kanker yang terbaik bagi saya?

Banyak orang berfikir disaat mereka telah terkena kanker akan dapat sembuh dalam waktu yang cepat. Padahal untuk tubuh dapat terserang kanker saja kerusakannya terjadi bertahun-tahun, jadi tidaklah mungkin dalam sebulan sudah dapat sembuh.

Tapi dibalik itu kanker itu adalah analogi dari kantong kering. Karena berbagai obat dari kanker sangat mahal dan akan mengerus habis uang kita.

Dari berbagai artikel ini bahkan kita lihat, walaupun harganya mahal, tapi pengobatan kanker bukanlah tentqng menyembuhkan penderita kanker.

Lalu mengapa obat kanker begitu mahal harganya? Karena ini adalah bisnis. Semua obat kanker bukanlah untuk menyembuhkan tapi sekedar memperpanjang hidup sang penderitanya dalam waktu tertentu selama obat masih dikonsimsi.

Maka dari itu sangat penting untuk mengubah pola hidup, pola pikir, istirahat, pola emosi, dll.

Sangat penting untuk mengetahui kanker apa yang diderita dan menjalankan metode penyembuhannya. Seperti apabila terserang kanker usus, dan payudara, maka itu harus dioperasi. Karena jika tidak, maka kotoran dari usus harus keluar dari mulut, jadi solusinya adalah harus dioperasi. Tapi sangat penting juga untuk menjaga pola hidup tetap sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu metode pengobatan lain adalah Radioterapi. Akan tetapi ada efek samping pada radioterapi tergantung pada organ lain yang terpapar pada radioterapi tersebut.

Metode lain dari pengobatan kanket adalah Kemoterapi. Akan tetapi pada kanker stadium akhir, kemoterapi bukanlah metode penyembuhan yang terbaik karena dapat memicu kanker menjadi lebih cepat menyebar dan agresif.

Jenis terapi penyembuhan lainnya adalah dengan cara alami. Tapi bukan berarti sekedar jus sudah cukup untuk menyembuhkan. Karena banyak faktor lain yang menentukan.

Pada saat kita sedang makan, sambil baca media sosial yang akan membuat pikiran kita menjadi galau justru akan dapat membebani pikiran.

Lalu jenis pengobatan apa yang akan kita lakukan disaat terdeteksi kanker?

Pilihannya ada pada kita dan keputusan dari keluarga besar.

Cari tahu penyebab dari penyakit dan tentukan solusinya untuk dijalankan.

Apapun jenis pengobatan yang Anda pilih, terutama jenis yang konvensional, yang justru juga merusak tubuh sementara merusak sel kanker yang ada, sangatlah penting untuk dikombinasikan dengan pengobatan alami yang akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Tidak lupa, untuk selalu bersyukur. Walaupun kita sedang sakit, milikilah hati yang gembira, hitung berkat yang Anda miliki dan bagikan pada keluarga dan sahabat Anda.