509004527-virtual-touch-screen-vegan-diet-gettyimagesMakanan untuk arteri

Cardiovascular disease (CVD) adalah satu istilah umum yang menunjuk pada penyakit yang meliputi serangan jantung, stroke, dan kelainan pada pembuluh darah dan jantung. Kita tahu penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor satu dewasa ini dan juga penyebab penderitaan pada banyak orang.

Penyakit ini berhubungan dengan gaya hidup yang salah dan karena itu dengan perubahan gaya hidup yang benar akan dapat mencegah dan mengembalikan kesehatan kepada keadaan normal.

Jika saudara belum tahu, inilah beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terserangnya penyakit ini:

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Merokok
  3. Diabetes
  4. Kolesterol darah tinggi
  5. Homocysteine darah yang tinggi
  6. Kelainan pada jantung
  7. Kegemukan dan selalu mengkonsumsi jenis makanan yang tidak benar

Darah membawa oksigen dan nutrisi melalui pembuluh darah arteri dan pembuluh yang lebih kecil ke seluruh sel-sel tubuh, kemudian sampah yang dihasilkan, berupa karbondioksida dan sampah hasil metabolisme diangkut oleh darah melalui pembuluh vena untuk dibuang. Sangat penting untuk memiliki jantung yang bekerja dengan baik dan alat pengangkut, yaitu darah yang baik.

Namun yang tidak kalah penting lagi ialah saluran sirkulasi berupa pembuluh darah yang berada dalam kondisi terbaik, yaitu bersih dan lancar agar darah dapat bergerak leluasa tanpa hambatan.

Kita tahu bahwa pembuluh darah kita dapat tersumbat atau kehilangan elastisitasnya. Penyebab utamanya ialah gaya hidup dan pola makan yang tidak benar.

Pengerasan dan penyempitan pembuluh arteri/ arteriosclerosis adalah masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat modern. Dengan pola hidup yang benar, masalah pengerasan pembuluh darah dapat diperlambat secara siknifikan.

Arteriosclerosis dan tekanan darah tinggi adalah dua faktor utama serangan jantung dan stroke.

Jadi bagaimana cara mencegah problem ini melalui pola makan yang benar?

Makanan terbaik untuk menjaga agar pembuluh darah berada dalam kondisi terbaik adalah makanan vegetarian.

Makanan vegetarian memiliki keunggulan rendah garam dan tidak mengandung kolesterol dan juga secara umum lebih rendah kandungan lemaknya. Lagipula makanan vegetarian kaya akan unsur-unsur yang dapat meregenerasi pembuluh darah tadi.

Makanan apa yang baik untuk mencegah arteriosclerosis?

Secara umum adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Bawang putih juga terkenal sangat baik.

Sayuran yang mentah akan lebih baik lagi karena kandungan antioksidan berupa vitamin A,C dan E serta flavonoid dan phytokimia yang relatif lebih tinggi dibanding sayuran yang telah dimasak.

Tentu saja anda juga harus menghindari makanan yang tinggi kolesterol. Sebagai catatan, semua daging mengandung kolesterol.

Lalu hindari juga konsumsi lemak yang terlalu berlebihan.

Tips 10 makanan terbaik bagi kesehatan jantung dan pembuluh arteri.

  1. Buah-buahan segar alami karena buah-buah segar ini mengandung serat yang baik, kaya akan antioksidan, dan kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi jantung dan tubuh secara keseluruhan. Contohnya: pisang kaya potasium (ubi dan bayam juga tinggi potasium); buah delima dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi baik untuk mengurangi plak pada dinding pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah; buah berries terutama blue berries memiliki manfaat yang mirip dengan delima; buah apel; tomat, dll.
  2. Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, brokoli, dll sangat baik untuk mengurangi enzim tertentu dalam darah yang mengakibatkan penyakit jantung. Ingat juga untuk banyak mengkonsumsi sayur dalam keadaan mentah.
  3. Polong-polongan seperti kacang kedelai termasuk tahu tempe, kacang polong, kacang hijau, pinto, adzuki, black bean, barley, lentil, garbanzo, kidney, lima, black eye, dll. Polongan ini sangat kaya akan serat dan phytoestrogen yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan folat yang menurunkan homocysteine darah.
  4. Flaxseed dan Chia seed sebagai alternatif ikan laut dalam karena kandungan lemak omega 3 yang sangat tinggi. Konsumsilah Flaxseed/ chia seed secara teratur setiap hari. Satu hingga dua sendok makan flaxseed yang telah dihancurkan secara kasar sangat baik bagi kesehatan kardiovaskular dan sistem pencernaan saudara.
  5. Alpukat adalah makanan yang sangat baik bagi jantung kita. Alpukat kaya akan potasium yang dapat membantu meregulasi irama detakan jantung dan menormalkan tekanan darah. Lalu lemak tidak jenuh tunggal pada alpukat ini juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.
  6. Yang mirip dengan Alpukat adalah minyak zaitun / olive oil yang juga kaya akan lemak tidak jenuh tunggal. Minyak zaitun yang merupakan makanan khas Mediterania sudah sangat terkenal karena sangat ampuh untuk mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular. Namun ingat, untuk minyak apapun, usahakan untuk tidak dipanaskan pada suhu yang tinggi, karena minyak akan sangat mudah rusak dan akan berakibat yang tidak baik bagi kesehatan.
  7. Biji-bijian/ padi-padian utuh/ whole grain yang kaya akan vitamin B dan juga kaya akan serat, sangat baik bagi jantung saudara. Jika memungkinkan, boleh ditambahkan wheat germ, yaitu sejenis bekatul gandum yang kaya akan vitamin E dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Jadi makanlah beras pecah kulit, beras merah, hitam, oat, millet, quinoa, gandum whole wheat, dsb.
  8. Kacang-kacangan seperti Almond, pistachio, walnut, brazil nut, kacang mede, pecan, hazelnut, pine nut, dll umumnya sangat baik bagi kesehatan jantung. Kacang-kacangan ini sumber minyak esensial yang baik dan kaya akan berbagai mineral penting. Menurut statistik, orang yang suka makan kacang-kacangan kemungkinan terkena penyakit jantung 25% lebih rendah dari orang yang tidak suka makan kacang-kacangan. Kacang tanah memiliki manfaat yang mirip dengan kacang yang lain, sayangnya kacang tanah juga merupakan salah satu makanan yang paling tinggi kandungan aflatoxin yang sangat memicu kanker. Penyebabnya adalah karena kacang di negara kita seringkali tidak dijemur dengan kering sehingga timbul jamur yang tidak terlihat mata dan menghasilkan aflatoxin.
  9. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dll yang kaya akan zat phytokimia adalah bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan saudara.

Makanan yang buruk untuk kesehatan arteri dan jantung:

Intinya adalah makanan yang tinggi lemak tidak baik, tinggi kandungan gula dan karbohidrat sederhana, contohnya:

  1. Daging, terlebih daging yang digoreng dan dibakar
  2. Susu, keju, butter
  3. Kue pastry, cake, muffin, donat, roti putih, kue-kue, biskuit-biskuit
  4. Coklat, permen-permen
  5. Keripik, kentang goreng dan gorengan yang lain
  6. Minyak shortening, margarine, trans fat, minyak sayur yang dipanaskan
  7. Minuman soda, sirop
  8. Ice cream