553200709-sliced-avocado-on-wood-gettyimagesManfaat alpukat

Dalam artikel Makanan untuk arteri disebutkan bahwa alpukat tergolong salah satu makanan yang baik bagi jantung. Ada banyak orang yang mengira bahwa alpukat itu tidak baik, membuat gemuk, berbahaya bagi jantung, mengapa terjadi salah paham?
Kemungkinannya adalah, di Indonesia biasanya makan alpukat akan disertai dengan susu kental manis, gula/ sirop, coklat, dll, komponen inilah yang sebenarnya musuh kita.

Manfaat alpukat:

  1. Alpukat mengandung asam oleic, sejenis lemak tidak jenuh tunggal yang sangat berguna bagi kesehatan. Dalam satu percobaan terhadap orang yang mengalami tingkat kolesterol yang agak tinggi, setelah diberi makan agak banyak alpukat, hanya dalam waktu seminggu terjadi penurunan yang berarti terhadap total kolesterol, penurunan kolesterol LDL dan kenaikan kolesterol baik yaitu HDL, artinya alpukat baik bagi jantung anda.
  2. Alpukat juga kaya akan potasium yang baik untuk menstabilkan tekanan darah, kaya akan asam folat, suatu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular.
  3. Alpukat mengandung banyak phytonutrient yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga kaya akan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit dan pembuluh darah.

Cara menikmati alpukat:

  1. Cara termudah, belah alpukat menjadi dua, buang bijinya, buang kulitnya dan makan begitu saja. Jika dagingnya terlalu lembek, tidak usah dibuang kulitnya tapi korek saja dengan sendok. Jika alpukat telah dipotong, segera habiskan saja seluruhnya, karena jika terpapar dengan udara, ia akan menjadi hitam, artinya telah teroksidasi dan tidak baik bagi tubuh.
  2. Potong menjadi kotak-kotak kecil alpukat yang telah dikupas, Campurkan dalam salad anda. Supaya alpukat tidak menjadi hitam, oleskan jeruk, atau lemon, bawang bombay, maka warnanya akan tetap tidak berubah.
  3. Blender alpukat dan buatlah menjadi dressing bersama bahan-bahan yang lain seperti lemon, dressing anda akan lebih creamy dan wangi. Alpukat juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mencocol/ dip makanan seperti kentang panggang, wortel, atau apa saja yang anda suka
  4. Suka makan roti sandwich? Gantilah selai yang biasa anda gunakan, apakah margarine, butter atau selai kacang, gantilah dengan alpukat ini.
  5. Bagi yang sudah biasa dengan es alpukat, gantilah susu dan coklat/ moca dengan susu kedelai dan carob, rasanya tidak kalah dan tentu jauh lebih menyehatkan.
    Untuk rasa yang lebih segar, campurkan alpukat dalam kelapa muda, nenas dan jus jeruk. Cobalah berbagai variasi sesuai selera anda.