126372532-linseeds-gettyimagesManfaat Flaxseed

Flaxseed/ biji rami (Linum usitatissimum yang artinya “paling berguna”) adalah tanaman yang bunganya berwarna biru, berbeda dengan tanaman ramie (Boehmeria nivea) yang terkenal dengan serat untuk membuat kain. Yang kita bahas adalah flaxseed yang bijinya berwarna coklat/golden dan besarnya sedikit lebih besar dari biji wijen.

Charlemagne, adalah seorang raja yang terkenal dari Eropa, turut berjasa dalam mengangkat popularitas flaxseed. Dia sangat terkesan dengan manfaat flaxseed sebagai obat, bahan makanan dan sumber serat untuk membuat kain sehingga dia mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penanaman dan konsumsi flaxseed ini.

Flaxseed sudah digunakan sebagai makanan sejak ribuan tahun lalu. Hippocrates seorang ahli kesehatan paling terkenal dalam sejarah dari Yunani menggunakan flaxseed; Mahatma Gandhi mengatakan jika flaxseed dikonsumsi secara teratur dalam masyarakat, maka kesehatan mereka akan lebih baik.

Flaxseed adalah salah satu dari sedikit makanan amat sehat yang sangat terkenal di dunia, sayangnya di Indonesia masih belum populer.

Di mana bisa membeli flaxseed ini? Di toko yang menjual makanan sehat, misalnya di clubsehat, harganya hanya sekitar 30 ribuan/ ½ kg, cukup murah karena kalau sehari makan sesendok, ini cukup untuk sebulan, kalau dua sendok, bisa tahan 2 minggu.

Kandungan Nutrisi Pada Flaxseed

Flaxseed adalah biji yang kaya dengan berbagai nutrisi penting. Dalam setiap 2 sendok makan flaxseed mengandung: protein (6%), zat besi (4%), zinc (4%), copper (8%), calcium (4%), potassium (4%), magnesium (14%), Phosphorus (8%), Selenium (6%), folate (4%), Vit B1 (16%), vit B6 (4%), serat larut (16%) yang sangat tinggi dan yang paling terkenal adalah kandungan lemak esensial omega 3 yang paling tinggi dari semua tanaman pangan yang kita kenal.

Kandungan protein, vitamin dan mineral pada flaxseed walaupun lumayan baik, tapi kita juga bisa dapatkan dari berbagai makanan lain. Yang mengesankan dari flaxseed adalah kandungan serat bernama Lignan dan lemak esensial omega 3-nya.

Manfaat Flaxseed Bagi Kesehatan

Flaxseed & Diabetes

Telah lama diketahui bahwa dengan mencampurkan flaxseed giling ke dalam makanan akan menurunkan lonjakan gula darah dari makanan itu. Dalam penelitian terhadap penderita diabetes, pasien diberi satu sendok makan flaxseed setiap hari selama sebulan dan dibandingkan dengan yang tidak diberi flaxseed, hasilnya adalah penurunan gula darah puasa yang cukup siknifikan, demikian juga penurunan triglycerite dan kolesterol dan yang terpenting adalah penurunan nilai HbA1c (normal di bawah 5,7), ini adalah test terpenting untuk mengukur gula darah selama 3 bulan, tidak perlu puasa.

Yang penting lagi, setelah konsumsi flaxseed selama 3 bulan, sensitivitas terhadap insulin membaik, tentu ini sangat menolong penderita diabetes maupun pradiabetes.

Flaxseed & Pria (kanker prostat)

Kasus kanker prostat sangat tinggi di negara-negara yang konsumsi dagingnya tinggi dan konsumsi seratnya rendah. Kita pernah dengar, isoflavone dari kedelai baik untuk mencegah kanker prostat, ada hal lain yang penting juga, dalam penelitian terhadap pria di negara yang kasus kanker prostatnya rendah, didapati cairan prostat pada pria ini mengandung lignan yang lebih tinggi. Lignan adalah sejenis phytoestrogen yang lemah, mirip dengan isoflavone pada kedelai. Lignan ada pada berbagai tanaman, tapi flaxseed memiliki lignan yang jauh lebih tinggi, bisa mencapai hingga 800 kali lebih tinggi dari tanaman lain.

Dalam percobaan terhadap pasien penderita kanker prostat, pasien diberi 3 sendok makan flaxseed selama sebulan sebelum dioperasi, apa yang didapati setelah itu adalah terjadinya penurunan pertumbuhan sel kanker yang cukup siknifikan dan sel kanker yang mati lebih tinggi.

Dalam percobaan lain terhadap pasien yang harus melakukan biopsi untuk mengetahui pertumbuhan sel kanker prostat, dari beberapa pasien yang diberi flaxseed, setengah tahun kemudian saat jadwal biopsi kedua harus dilakukan, beberapa di antara pasien angka test PSA (prostate specific antigen)-nya sedemikian rendah hingga diputuskan tidak perlu dilakukan biopsi lagi.

Flaxseed & Wanita (kanker payudara)

Flaxseed kaya dengan lignan yang berfungsi sebagai phytoestrogen, fungsi phytoestrogen ini bisa untuk mencegah kanker payudara. Dalam penelitian terhadap pasien penderita kanker payudara, sebelum dioperasi dilakukan percobaan dengan memberi sebagian dengan flaxseed dan sebagian lagi placebo, setelah lima minggu dan menjelang operasi kedua kelompok wanita ini diperiksa. Rata-rata wanita yang mengkonsumsi flaxseed mengalami penurunan kecepatan pertumbuhan sel kanker, sel kanker yang mati meningkat, dan angka c-erbB2 untuk mengukur keganasan dan potensi metastasis/ penyebaran sel kanker menurun. Bagusnya lagi flaxseed murah dan tidak memiliki efek samping seperti obat chemo. Flaxseed bukan hanya baik untuk penderita kanker payudara; sebelum terkena kanker, flaxseed juga adalah pencegah yang sangat baik.

Flaxseed & Kesehatan Jantung

Omega 3 pada flaxseed adalah unsur yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Lemak esensial ALA (Alpha Linolenic acid) pada flaxseed terbukti sangat baik untuk menurunkan total kolesterol, menurunkan kolesterol LDL jahat, menurunkan VLDL, bentuk yang paling berbahaya dari kolesterol LDL, menurunkan triglycerite, mengurangi terbentuknya plak pada pembuluh darah, menurunkan inflamasi yang merupakan faktor risiko yang lebih berbahaya daripada tingginya total kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi. Flaxseed juga mengandung vitamin B6, folat dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung.

Di pasaran bisa didapatkan supplemen minyak flaxseed, tapi supplemen ini terbukti tidak mampu menurunkan kolesterol, jadi sebaiknya makan biji flaxseed yang telah digiling saja.

Flaxseed & Manfaat Lainnya

Flaxseed memiliki serat larut maupun serat tidak larut yang siknifikan. Serat-serat ini bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, memiliki sifat laxative untuk mempermudah BAB.

Untuk pencernaan. Flaxseed mengandung serat lignan yang tinggi. Serat adalah unsur terpenting untuk kesehatan flora usus. Kesehatan usus yang baik akan sangat meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Seringkali orang mengkonsumsi yoghurt untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus, namun sebetulnya itu hanya menambahkan 1-2 jenis bakteri umum saja. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup, seluruh bakteri baik yang hidup dalam usus akan terjaga.

Untuk otak. Flaxseed yang kaya akan lemak omega 3, sangat penting untuk kesehatan otak. Sebagaimana diketahui, bagian terbesar dari otak manusia terdiri dari lemak, dan omega 3 adalah lemak yang esensial bagi otak kita. Wanita hamil yang mengkonsumsi lemak omega 3 dengan cukup akan melahirkan bayi yang memiliki kemampuan otak yang lebih baik, koordinasi mata dan lengan yang lebih baik, kemampuan belajar yang lebih baik, menurunkan risiko anak menderita ADHD.

Dalam satu berita yang saya baca belum terlalu lama, ada seorang anak muda yang mengalami kecelakaan lalu lintas hingga koma. Rumah sakit sudah angkat tangan, karena kondisi komanya sudah seperti mati. Orang tuanya tidak menyerah, karena pernah membaca bahwa lemak omega 3 baik untuk otak, lalu dia memaksa dokter untuk memberi anaknya lemak omega 3 dengan dosis tinggi. Oleh karena merasa tidak ada ruginya, akhirnya pihak rumah sakit menuruti. Tidak terlalu lama kemudian, anak ini bisa pulih dan bahkan bisa mengikuti wisuda di sekolahnya.

Untuk Arthritis. Lemak esensial omega 3 adalah salah satu lemak yang baik untuk menurunkan peradangan, oleh karena itu flaxseed merupakan makanan yang sangat penting bagi penderita radang sendi dalam berbagai bentuk.

Untuk kulit dan rambut. Omega 3 adalah lemak yang esensial untuk pembentukan sel kulit dan rambut, jadi untuk rambut dan kulit yang lebih indah dan sehat, flaxseed harus ditambahkan dalam makanan anda.

Penyayang binatang mengerti ini, saya pernah diberitahu oleh toko penjual flaxseed bahwa flaxseednya banyak dibeli oleh orang yang memelihara kuda, supaya bulunya lebih mengkilap. Peternak ayam khusus juga memberi ayam petelurnya dengan flaxseed. Karena telur yang dihasilkan akan menjadi telur omega 3 yang harganya lebih mahal.

Harus di-blend…

Belilah flaxseed di toko yang memiliki perputaran cepat, karena flaxseed memiliki lemak tidak jenuh yang sangat mudah rusak bila terpapar oleh udara, panas dan sinar. Tuhan telah membungkus lemak tidak jenuh ini dalam cangkang yang sangat keras supaya tidak mudah rusak, tapi akibatnya kita juga tidak mudah mencernanya. Jika dimakan begitu saja, dia akan keluar lagi apa adanya dan lemak omega 3 yang kita mau tidak terserap sama sekali. Jadi kita harus memecahkan kulitnya, caranya dengan mem-blend pada blender kopi atau blender untuk bumbu dapur dan langsung dikonsumsi. Jika karena alasan kepraktisan, flaxseed boleh di-blend terlebih dahulu dan langsung  disimpan pada wadah tertutup rapat dan disimpan dalam freezer. Usahakan hasil blender ini habis dalam waktu 1-2 minggu saja supaya lemaknya masih baik.

Jika malas mem-blend, anda bisa beli chia seed yang memiliki manfaat yang hampir sama, chia seed lebih halus dan tidak perlu di-blend, tapi sama seperti flaxseed sebaiknya direndam di cairan terlebih dahulu.

Berapa banyak keperluan kita? Sekitar 1-2 sendok makan flaxseed yang telah digiling. Bagi penderita penyakit yang telah kita bahas, boleh 3-4 sendok perhari, tapi jangan terlalu banyak.

Bagaimana menikmati flaxseed?

  • Campurkan pada jus atau smoothie setiap pagi
  • Taburkan pada susu kedelai, susu almond atau susu alternatif yang lain, taburkan di oatmeal, atau makanan pagi yang lainnya.
  • Flaxseed giling bisa digunakan sebagai pengganti telur untuk membuat kue, rendam dalam sedikit air, ia akan mengental seperti telur.

Hal-hal tambahan:

  1. Flaxseed ada juga yang warnanya golden, nutrisinya hampir sama saja, tapi harganya sedikit lebih mahal.
  2. Apa bedanya dengan chia seed? Protein hampir sama, chiaseed lebih tinggi kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang, chia seed lebih tinggi selenium, flaxseed lebih tinggi sedikit magnesium, potasium dan copper, flax hampir double lebih tinggi vitamin B1-nya, lebih tinggi folat juga. Bagaimana dengan omega 3? Flaxseed lebih tinggi sedikit. Bila mampu, boleh konsumsi kedua-duanya, hanya saja chia seed memiliki harga yang jauh lebih mahal.
  3. Secara umum saran penggunaan flaxseed adalah sekitar dua sendok makan, bila berlebih, cenderung menyebabkan darah terlalu encer, bisa dilihat jika tubuh kita ada tanda-tanda biru seperti terkena ketok padahal tidak, maka sebaiknya konsumsi flaxseed sementara dihentikan dulu. Darah yang terlalu encer juga berbahaya karena bisa menyebabkan mini stroke karena darahnya merembes keluar dari pembuluh darah di otak.
  4. Lemak esensial: LA dan ALA. Linoleic acid atau LA membentuk semua jenis lemak omega-6. Alpha-linolenic acid atau ALA membentuk semua omega-3. Agar ALA bisa diubah menjadi omega 3, prosesnya sangat rumit dan memerlukan nutrisi pendukung lainnya, salah satunya adalah enzym delta-6 desaturase. Supaya berfungsi baik enzym ini memerlukan: vitamin B3, B6 dan C, mineral, dan zinc. Jika seseorang kurang nutrisi tadi, maka ALA tidak bisa diubah menjadi omega 3 yang lebih berguna yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).
  5. Apakah flaxseed yang digunakan dalam adonan roti tidak rusak ketika dipanggang rotinya? Dalam penelitian, jika dipanggang bersama adonan dalam suhu normal, hanya merusak sedikit sekali omega 3 nya.