159132635-fruit-gettyimagesManfaat Kelapa

Kelapa adalah buah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, bahkan bagi penduduk di kepulauan Pasifik kelapa dijuluki sebagai pohon kehidupan. Kita mengenal kelapa sejak dahulu kala terutama bagi masyarakat pesisir pantai, bahkan kelapa diduga berasal dari Asia Tenggara/ Samudra Hindia.

Kelapa memiliki manfaat yang serba guna, semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan, itu sebabnya, kelapa dijadikan sebagai simbol Pramuka.

Kelapa adalah buah yang luar biasa. Bayangkan saja, dia bisa menghadapi keganasan alam sehebat apapun tanpa tergoyahkan. Ombak dan topan besar tidak dapat mencabut cengkramannya dari tanah. Lalu buahnya yang jatuh di tanah & tersapu ombak, akan mengapung di atas air sejauh ribuan mil. Setelah tiba di pantai benua lain, dia akan tetap dapat bertunas dan tumbuh jadi pohon kelapa baru, luar biasa sekali.

Pamor kelapa saat ini sedang naik kembali setelah cukup lama tenggelam karena dianggap sebagai sumber minyak jenuh penyebab penyakit jantung, bahkan di Indonesia yang sejak dulu adalah pengkonsumsi santan yang besar karena banyak makanan tradisional kita menggunakan santan/ kelapa sebagai salah satu bahan yang penting dan bukan susu sapi. Sekarang malah banyak masyarakat yang menghindari santan, mengapa kita tidak ingat dari dulu kita makan santan toh tidak ada masalah dengan penyakit jantung, sebelum makanan Barat kita kenal.

Permusuhan dengan kelapa, terutama minyak kelapa berasal dari propaganda negatif di Amerika sekitar 30-40 tahun lalu, mungkin untuk melindungi industri minyak terhidrogenasi yang baru mereka temukan itu. Sekarang ilmuwan makin sadar bahwa yang sangat jelek justru minyak terhidrogenasi, sebaliknya, kelapa justru baik bagi kesehatan.

Saat ini anda dapat jumpai minuman air kelapa dalam kemasan dijual banyak negara maju yang tidak memiliki pohon kelapa.

Pertanyaan: apakah kelapa tinggi kolesterol? Jawabannya nol kolesterol.

Walaupun hampir sepertiga beratnya adalah lemak, dan sebagian terbesar lemaknya adalah lemak jenuh, namun jangan kuatir, sebab lemak jenuhnya adalah dari rantai pendek dan sedang yang lebih bersahabat dengan tubuh. Berbeda dari lemak jenuh hewani yang umumnya merupakan jenis rantai panjang yang akan meningkatkan kadar kolesterol anda.

Apa maksudnya rantai pendek dan rantai sedang?

Mengenal lemak jenuh pada kelapa

Tidak semua lemak jenuh sama, lemak jenuh dapat dibedakan dari panjang molekulnya. Yang mata rantai pendek, mulai dari 3 hingga 8 atom karbon dan mata rantai sedang dari 10 hingga 12 atom karbon, jenis pendek dan sedang ini banyak terdapat di minyak kelapa dan sawit.

Lemak jenuh mata rantai sedang dikenal sebagai Medium-chain saturated fatty acid (MCT oil) banyak digunakan di dunia kedokteran untuk supply energi dari lemak bagi pasien yang tidak bisa menyerap energi dari lemak mata rantai panjang. MCT pada kelapa ini sangat mudah dicerna, bahkan tidak memerlukan enzym lipase dari pankreas untuk mencernanya, tidak seperti lemak jenuh lainnya. Bisa dikatakan bahwa lemak dari mata rantai pendek dan sedang ini mudah digunakan tubuh sebagai energi dan cenderung tidak disimpan di sel-sel tubuh (adipose tissue) menjadi lemak tubuh. Jadi konsumsi lemak jenuh dari kelapa ini cenderung tidak menggemukkan. Jika ingin dihubungkan lagi, kegemukan cenderung meningkatkan kolesterol darah, jadi kelapa lebih tidak bersifat meningkatkan kolesterol darah.

Dalam satu percobaan, orang-orang diberi dua sendok makan minyak kelapa setiap hari  selama tiga bulan, setelah itu diukur tingkat kolesterol darahnya, ternyata tidak mengakibatkan peningkatan kolesterol dalam darah.

MCT ini, khususnya dari jenis Lauric acid dengan 12 atom banyak digunakan pada susu formula bayi karena lemak ini banyak terdapat di ASI dan memiliki fungsi sebagai anti virus, anti bakteri dan anti protozoa.

Jangan menghindari lemak

Tubuh kita memerlukan lemak, itu sebabnya saran keseimbangan nutrisi bagi tubuh adalah sebaiknya mengkonsumsi sekitar 30% dari kalori sehari berupa lemak. Jangan salah, bukan berarti kita harus makan minyak, tapi yang dimaksud adalah makanan yang mengandung lemak, contohnya kelapa, alpukat,kacang, dll.

Lemak yang kita makan juga perlu keseimbangan jadi kita sebaiknya memilih jenis-jenis makanan dengan kandungan lemak yang bervariasi.

Menghindari lemak jenuh dan gantikan dengan lemak tidak jenuh?

Sebagai quiz: Mana lebih berbahaya, minyak kedelai yang tergolong tidak jenuh atau minyak dari kelapa yang sebagian besar tergolong minyak jenuh? Jawabannya adalah minyak kedelai karena cenderung meningkatkan peradangan yang artinya meningkatkan risiko kanker, jantung, arthritis, dll.

Perbedaan lemak jenuh hewani dan nabati adalah, mayoritas lemak jenuh hewani berupa mata rantai panjang, metabolisme lemak ini sangat sulit dan cenderung disimpan sebagai lemak tubuh. Yang menjadi problem mungkin adalah endotoxin/ racun dari bakteri yang mati yang terdapat di lemak hewani, itu salah satu yang meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Saran tentang lemak ini adalah: semua lemak dari nabati silakan dimakan dalam jumlah secukupnya dan seimbang dan dalam bentuk sealami mungkin.

Apa manfaat kelapa bagi kesehatan?

Daging kelapa muda mengandung lebih banyak air dan lebih sedikit nutrisi dibanding kelapa yang lebih tua; semakin masak, konsentrasi nutrisinya akan semakin meningkat. Kandungan gizinya antara lain karbohidrat, protein, dan mineral penting seperti magnesium, potasium, selenium, zat besi dan fosfor. Lalu vitamin C, Folat, dll. Ada juga Phytosterol dan kandungan serat yang lumayan tinggi. Yang terbanyak adalah kandungan lemak jenuhnya, terutama Lauric acid yang telah dibahas sebelumnya.

Yang menarik lagi adalah kandungan magnesium pada kelapa, jauh melebih semua jenis daging hewani. Kandungan magnesium dalam air kelapa sedikit lebih rendah dibandingkan dagingnya, tapi tetap lebih tinggi daripada daging hewani.

Fungsi magnesium adalah untuk membentuk tulang yang kuat, jika kekurangan magnesium otot akan sering kram. Jadi kelapa baik bagi kesehatan tulang, otot dan persendian.

Dari sisi medis, minyak kelapa lebih disukai digunakan bagi anak-anak karena bisa membantu menyerap kalsium dan magnesium lebih baik lagi.

Minyak kelapa juga lebih baik digunakan bagi orang yang memiliki sistem pencernaan yang kurang bagus, karena sangat mudah diubah jadi energi.

Manfaat lainnya:

  • Caprylic acid pada kelapa mencegah pertumbuhan jamur candida yang berlebih dalam usus. Jadi selain menggunakan probiotik, boleh juga coba makan kelapa.
  • Bagi penderita hypothyroid, kelapa dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan energi.
  • Bagi penderita diabetes, kelapa dapat lebih menstabilkan gula darah karena seratnya yang tinggi, kandungan gula yang rendah dan lauric acid yang ramah terhadap pankreas.
  • Kelapa baik untuk kesehatan kulit, rambut dan wajah, minyak kelapa digunakan untuk mencegah kulit terbakar, menghaluskan dan membuat kulit lebih mengkilap.
  • Minyak kelapa jauh lebih baik untuk membasmi kutu di kepala dibanding obat kutu yang paling manjur.
  • Jika terserang oleh virus atau bakteri, entah flu, influenza atau herpes, lemak Lauric acid pada kelapa dapat membasmi virus maupun bakteri ini. Saat flu ingat minum air kelapa yang banyak dan istirahat.
  • Mencegah dehidrasi karena kandungan elektrolit yang mirip dengan cairan tubuh. Bhakan air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti cairan infus.

Bagaimana menikmati kelapa?

  • Yang paling menyegarkan tentu meminum air kelapa muda yang cepat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, memberi tenaga dan garam mineral, isotonic alami yang sangat baik. Boleh juga ditambahkan jeruk lemon.
  • Daging kelapa muda dimakan begitu saja (es kelapa muda), sedangkan yang agak tua juga dapat dimakan begitu saja, atau diparut, dikeringkan dan ditabur di rupa-rupa makanan.
  • Kelapa yang dikeringkan, dipotong kecil-kecil, dicampur di cereal makan pagi.
  • Yang paling sering kita nikmati biasanya berupa santan yang digunakan untuk memasak makanan, misalnya kari kentang tahu, gulai daun singkong, lodeh terong dan tempe, nasi lemak, soto vege, lontong sayur atau biasanya juga digunakan sebagai campuran kolak, cendol, kacang hijau, ketan hitam, oat, untuk disiram di atas singkong/ ubi rebus dan untuk campuran rupa-rupa minuman.
  • Untuk resep yang memerlukan susu atau cream, bisa coba gantikan dengan santan.

Bagaimana dengan minyak kelapa?

Minyak kelapa yang dihasilkan oleh industri biasanya melalui proses pemanasan, penghilang bau (deodorizer), penjernihan. Dari sisi kandungan asam lemak tidak terlalu berpengaruh, tapi dari sisi lain, hampir semua kandungan vitamin, mineral dan phytosterol hilang.

Dari sisi positif, minyak kelapa memiliki kelebihan dibandingkan minyak yang lain karena titik didihnya yang relatif tinggi, sehingga lebih tahan panas, paling tahan dibanding semua minyak yang lain. Bagaimanapun, konsumsi minyak kelapa sebagaimana minyak lainnya harus dibatasi secukupnya saja, tidak boleh berlebihan.