86438427-women-with-goggles-gettyimagesMasalah Kesehatan Orangtua

Setiap orang ingin berumur panjang, tapi tidak ada orang yang ingin menjadi tua, mengapa? karena masa tua selalu identik dengan masalah penyakit.

Memasuki masa tua, terutama saat mulai pensiun seharusnya adalah masa yang menyenangkan. Banyak hal yang dulunya tidak bisa dilakukan sekarang dapat dilakukan, seperti traveling, mengerjakan hobby, melakukan pelayanan, dll.

Humor masa tua:

  • Rahasia awet muda: hidup dan berkata jujur, makan perlahan dan berbohong tentang umur anda. – Lucille Ball.

  • Ada tiga hal yang terjadi pada masa tua: pertama daya ingat mulai menurun, dua hal yang lainnya saya lupa apa itu?. – Norman Wisdom.

  • Pada masa muda kita menghampiri problem, pada masa tua problem menghampiri kita. – Beverly Sills.

  • Pada masa muda hari-hari terasa pendek dan tahun-tahun terasa panjang; pada masa tua tahun-tahun terasa pendek dan hari terasa panjang. ~Nikita Ivanovich Panin.

  • Orang tidak berhenti bermain karena bertambah tua, mereka bertambah tua karena mereka berhenti bermain. ~Oliver Wendell Holmes.

  • Bicara orang berumur seperti bicara ekonomi, rambut terjadi resesi, perut terjadi inflasi dan secara keseluruhan terjadi depresi.

Penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, yang bisa kita hindari adalah penuaan dini, lebih tua dari umur seharusnyai. Tua juga tidak harus menderita penyakit yang umum diderita orang tua jika kita mau menjaga kesehatan dengan baik.

Banyak orang yang baru mulai mau menjaga kesehatan ketika memasuki masa tua dan mulai sakit-sakitan, menjaga kesehatan seharusnya dimulai dari lahir, bahkan mulai dari dalam kandungan. Jika kita menjaga kesehatan dengan baik dari masa muda, kita akan memetik hasil yang baik pada masa tua.

Namun harus kita akui bahwa memasuki masa tua, katakanlah setelah berumur 50 tahun, akan mulai terasa beberapa perubahan dalam hal penurunan kesehatan, terlebih jika kita tidak menjaga kesehatan dengan baik pada masa muda kita.

Berikut ini kita akan melihat beberapa hal untuk menghadapi masa tua ini supaya tidak terlalu banyak masalah (see: National Institute on Aging.)

1. Orang tua mengalami penurunan indera penciuman dan indera perasa. Karena penurunan indera perasa ini makanan menjadi terasa lebih mambar dan membuat berkurangnya selera makan. Berkurangnya keinginan makan akhirnya mengakibatkan penurunan gizi dan kesehatan secara keseluruhan. Atau ada juga yang karena merasa makanan hambar, akhirnya semua makanan akan ditambahkan garam dan gula atau bumbu penyedap secara berlebihan, ini juga akhirnya menyebabkan problem kesehatan yang lain, seperti tekanan darah yang cendrung tinggi dan gangguan ginjal.

Ada beberapa penyebab selain faktor alami yang membuat orang tua berkurang indera perasanya:

  • Penggunaan obat-obatan seperti penurun kolesterol, penurun tekanan darah, antibiotik, dan obat lainnya yang bisa membuat mulut terasa kering. Mulut yang kering akan membuat makanan terasa lain dari biasanya.

  • Peminum alkohol dan perokok juga akan membuat indera perasa lebih tidak sensitif sehingga makanan terasa hambar.

  • Beberapa penyakit mulut dan gusi akan menyebabkan rasa tidak enak pada mulut, untuk ini harus lebih sering gosok gigi atau ke dokter mulut atau gigi untuk mencari solusi.

Apa yang bisa dilakukan? Supaya makanan lebih terasa enak, makan sayuran yang berwarna warni, biasanya makanan yang kaya rwarna warni akan lebih menambah selera. Gunakan juga berbagai rempah-rempah yang wangi sesuai selera dan bisa juga menambahkan lemon atau jeruk nipis.

2. Orang tua biasanya juga kehilangan sebagian rasa haus. Kekurangan cairan tubuh mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Jadi jangan hanya mengandalkan rasa haus sebelum minum, tapi biasakan untuk minum di jam-jam tertentu secara teratur sesuai kebutuhan.

3. Orang tua sering mengalami masalah dengan Tulang keropos dan masalah persendian yang sakit. Tulang keropos yang mengakibatkan tulang mudah patah dimulai dari osteopenia, satu kondisi dimana masa tulang lebih rendah dari seharusnya sebelum masuk kategori osteoporosis. Tulang kita adalah suatu jaringan yang hidup dimana tulang kita mengalami proses pembuangan sel-sel tulang yang tua dan diganti dengan tulang yang baru. Setelah berusia diatas 50 tahun biasanya proses pembuangan tulang tua lebih cepat daripada pembetukan tulang baru, akibatnya masa tulang akan berkurang yang disebut osteopenia dan kemudian terjadi osteoporosis, tulang yang keropos.

Otot-otot tubuh juga bisa hilang jika kurang digunakan, kondisi ini disebut sarcopenia, mirip dengan osteopenia tadi. Intinya tulang dan otot akan hilang jika jarang digunakan.

Untuk mencegah masalah keropos tulang ini bukan dilakukan pada usia tua karena sudah agak terlambat, tapi harus dilakukan sejak muda. Tapi bagaimanapun juga melakukan sesuatu akan jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Kita sudah sering bahas tentang osteoporosis ini, garis besarnya adalah:

  • Harus aktif beraktivitas fisik. Beraktivitas fisik akan menguatkan tulang dan otot. Aktivitas fisik yang harus dilakukan bukan hanya olah raga yang bersifat aerobic yang dapat menguatkan otot jantung, tetapi juga harus melakukan olah raga otot untuk kaki, tangan, perut dan otot tubuh yang lain.

Dalam satu penelitian dilakukan test terhadap sekelompok orang dengan diukur kekuatan genggaman tangannya pada masa muda, 25 tahun kemudian, kelompok orang ini diteliti keadaannya, ternyata orang yang memiliki kekuatan menggenggam yang kuat, memiliki paling sedikit masalah dengan kemampuan berjalan, naik tangga dan aktivitas sehari-hari pada masa tua. Jadi mulailah melatih kekuatan otot pada masa muda, rajin melakukan pekerjaan yang memerlukan tenaga. Melatih kekuatan otot tidak perlu setiap hari, cukup seminggu 3 kali.

  • Jangan makan makanan yang terlalu berlebihan proteinnya terutama daging hewani, minuman ringan, dll, karena makanan ini akan mempercepat rapuhnya tulang.

  • Harus cukup makanan yang dapat menyehatkan tulang, yaitu makanan yang kaya akan kalsium, maknesium dan harus cukup mendapatkan vitamin D. Bicara kalsium, bukan susu yang perlu diingat, karena susu walaupun tinggi kalsium tapi juga tinggi protein sehingga membatalkan kebaikan kalsium pada susu sapi ini. Sayuran berwarna hijau gelap dan juga sayuran seperti bok choy, kubis, serta tahu tempe.

  • Perokok dan peminum alkohol juga memiliki kemungkinan lebih besar terkena osteoporosis. Jadi sebaiknya kedua hal ini harus dihindari sejak muda.

4. Orang tua sering kali menjadi pikun (Alzheimer). Pikun tidak bisa disembuhkan, tapi bisa di cegah supaya tidak semakin parah.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

  • Otak kita terdiri dari 60-70% adalah lemak. Otak kita memerlukan lemak yang baik dan harus menghindari lemak yang tidak baik dan yang rusak. Ingat untuk sering mengkonsumsi lemak esensial Omega 3, bila perlu setiap hari. Sumber omega 3 yang sangat banyak ada di Chia seed dan flaxseed, disamping itu ada juga di walnut dan sedikit di biji-bijian yang lain.

  • Banyak makan makanan alami yang kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang juga akan merusak otak kita. Sumber antioksidan ada di berbagai sayuran dan buah-buahan segar, dan yang sangat kaya ada buah-buah berries, terutama blueberries.

  • Olah raga adalah faktor yang sangat penting karena dapat mensupply lebih banyak darah dan oksigen ke otak.

  • Olah raga otak dengan berbagai permainan yang dapat merangsang otak berpikir, seperti TTS, Sudoku, dan belajar musik dll.

  • Interaksi sosial juga sangat penting, karena itu sebaiknya orang tua jangan hanya diam di rumah, tapi setiap hari harus keluar bergaul dengan teman sambil berolah raga bersama, melakukan pelayanan sosial, dll.

  • Lakukan sesuatu yang baru setiap hari, seperti mencari jalan yang baru ke suatu tempat, belajar sesuatu yang baru hingga melakukan sesuatu dengan cara yang baru yang tidak seperti biasanya.

5. orang tua sering terjadi masalah gangguan pencernaan dan sering terjadi konstipasi.

Apa yang menyebabkan gangguan pencernaan? Ada banyak faktor, bisa karena makanan yang tidak benar terutama karena kekurangan serat dari makanan alami, kurang olah raga, kurang minum atau terlalu banyak menggunakan obat-obatan.

Makanlah lebih banyak sayuran dan buah-buahan, dan juga polong-polongan.

6. Orang tua suka sulit tidur, atau tidur tidak optimal. Jika sering kurang tidur, akhirnya akan mempengaruhi kesehatan yang lain.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur:

  • Berolah raga dan cukup berjemur sinar matahari.

  • Memiliki ritual tidur yang teratur, tidur dan bangun di jam yang kurang lebih sama setiap hari.

  • Jaga suasana tidur yang nyaman, tidak berisik dengan suara TV atau radio dan matikan semua lampu pada saat tidur.

  • Hindari semua minuman kafein, seperti kopi, teh, soft drink. Dan juga hindari rokok.

7. Banyak orang tua yang awalnya tidak memperhatikan kesehatan dengan baik, makan seadanya saja, atau karena tidak nafsu makan sehingga makannya juga jadi sedikit. Untuk orang tua ini ada kemungkinan mengalami kekurangan nutrisi yang akhirnya akan mengakibatkan berbagai problem kesehatan yang lain, untuk itu barangkali bagi orang tua yang demikian perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi multi vitamin yang berkualitas dengan tetap harus memakan makanan alami sebagai makanan utama terpenting. Bisa juga bagi orang tua boleh meminum jus sayuran dan juga buah-buahan untuk meningkatkan jumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ada 2 jenis vitamin yang kami sarankan walalupun makanan orang tua kita sudah baik dan tidak perlu konsumsi multi vitamin yang lain, yaitu Vitamin B12 dan Vitamin D. Vitamin B12 untuk menjaga agar sel darah merah sehat dan juga sistem syaraf sehat, kekurangan vitamin B12 ini sering meyebabkan orang tua mengalami depresi berat. Solusi terbaik adalah dengan konsumsi supplement vitamin b12 yang banyak dijual bebas.

Vitamin D bersama dengan kalsium akan membentuk tulang yang kuat, vitamin D juga berfungsi sebagai antioksidan yang sangat efektif dan sangat banyak manfaat yang lainnya.

Cara mencukupi kebutuhan vitamin D adalah dengan berjemur sekitar 20-30 menit di siang hari. Jika tidak bisa berjemur karena satu dan lain hal, bisa dengan mengkonsumsi supplement vitamin D yang dijual bebas.

8. Jika ingin panjang umur, hindari kegemukan, makan dengan kalori yang lebih sedikit dari yang biasa kita makan, tetapi tetap harus memilih makanan yang lebih bernutrisi yaitu sayuran dan buah segar serta biji-bijian dan polongan. Dalam penelitian terhadap hewan maupun manusia, orang yang lebih kurus memiliki kesehatan yang lebih baik dan lebih panjang umur.