Tangan, kaki & mulut sangat mudah menyebarkan virus penyakit, dikenal dengan nama HFM Disease (Hand, Foot and Mouth) terutama sering menyerang anak-anak yang kecil. Virus ini menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang yang lain, bahkan masih tetap aktif selama, seminggu atau bahkan sebulan setelah tanda dan gejalanya penyakitnya telah terdeteksi.

 
Itulah mengapa sangat penting untuk mengajarkan kebersihan yang baik kepada anak sejak kecil, dan memastikan agar setiap permukaan dalam peralatan di rumah tangga, termasuk, kamar mandi, gagang pintu, bagian atas lemari yang sulit terjangkau dan maianan tetap dibersihkan secara rutin.
 
Berita baiknya adalah penyakit pada tangan, kaki & mulut tidaklah begitu serius dan walaupun dapat menyebabkan komplikasi, tetapi sangatlah jarang. Dan pada saat kita bertumbuh, daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan membuat kita cukup kebal dalam melawan virus yang menyerang. 
 
Walaupun begitu bukan berarti kita menganggap remeh penyakit ini, karena dampaknya dapat berpengaruh besar pada pencernaan kita kemudian.
 


Apa itu Penyakit pada Tangan, Kaki & Mulut?

 

Penyakit ini sangat umum terjadi terutama menyerang bayi yang baru lahir dan anak-anak balita, namun juga dapat menyerang remaja dan dewasa melalui kontak pada tangan, kaki dan mulut. Setelah beberapa waktu terpapar pada virus, maka benjolan merah sariawan yang menyakitkan akan muncul pada mulut, tangan dan kaki – inilah asal mula dari nama penyakit tersebut. Beberapa orang juga merasakan rasa sakit yang sama pada bagian pantat, kaki dan lengan.

 


Tanda & Gejala yang Umum

 
Masa inkubasi dari penyakit di tangan, kaki dan mulut ini adalah antara 3-6 hari dan biasanya orang tidak begitu perduli pada waktu ini. Tanda awal setelaj terpapar virus adalah berkurangnya nafsu makan, sakit tenggorokan dan demam ringan. Dan beberapa hari setelah itu, luka yang menyakitkan mulai berkembang, seringkali muncul di mulut.
 
Berikutnya beberapa bintik merah mulai muncul di tangan dan kaki dan penyebaran ruamnya bukan hanya selesai sampai disana. Ruamnya dapat menyebar pada pantat, tangan, kaki dan bahkan pada bagian kelamin. 
 
Kemudian, saat bintik merah berubah pecah, bintik tersebut akan mulai membuka dan mengering, lalu akan keluar carian didalamnya. Cairan tersebut mengandung virus. Jadi sangat penting untuk mencucui tangan dan barang-barang rumah tangga yang mungkin bersentuhan dengan cairan itu, karena dapat dengan mudah virus tersebut menular. (1)
 


Faktor-faktor yang Menyebabkan Penyakit Ini

 
Pertanyaan yang sering muncu adalah bagaimana kita dapat memiliki penyakit pada tangan, kaki dan mulut ini? Dan jawabannya adalah melalui cairan tubuh. Penyakit ini sering ditularkan melalui cairan yang keluar dari hidung dan tenggorokan. Namun, cairan dari luka dan feses dapat juga membawa virus ini.
 
Penyebarannya dapat menyebar melalui kontak fisik yang dekat karena virusnya dapat menyebar juga melalui udara dan juga melalui beberapa objek dan permukaan benda selama beberapa waktu. Dapat juga menyebar melalui berenang di air yang berklorin.
 
Faktor-faktor yang beresiko penyebarannya termasuk:
  • Kekebalan Tubuh yang Rendah
  • Lingkungan yang tidak bersih & terekspos pada virus
  • Praktek Kebersihan yang Buruk: seperti tidak mencuci tangan atau mandi dengan bersih
 
Berdasarkan penelitian dari jurnal BMC Infectious Diseases, menyusui balita secara eksklusif selama 6 bulan pertama akan sangat membantu melindungi anak dari infeksi tersebut. Penelitian juga menemukan bahwa perlindungan ini akan berlangsung sampai 28 bulan, dan bahwa menyusui juga adalah tindakan perlindungan yang alami terhadap berbagai infeksi, termasuk penyakit pada tangan, kaki dan mulut. (2)
 

 

Komplikasi yang Dapat Terjadi

  • Dehidrasi
  • Kehilangan kuku tangan & kaki
  • Meningitis yang dapat berdampak pada otak dan syaraf tulang belakang (3)
  • Radang Otak – Penyakit yang sangat langka ini dapat mengancam jiwa. Gejalanya yang mirip flu. Namun jika ada tanda kejang, kelumpuhan, susah berbicara, kekakuan pada tubuh, kehilangan kesadaran atau muncul tonjolan di kepala, segeralah dapatkan bantuan medis darurat.
 


Pengobatan Alami

Penyakit pada tangan, kaki dan mulut ini biasanya didiagnosa sebagai sariawan ataupun ruam pada tubuh. Beberapa doktor mungkin memerintahakan untuk melakukan tes tenggorokan dan tinja untuk mengetahui jenis virus tersebut.
Akan tetapi umumnya tidak ada perawatan khusus yang direkomendasikan untuk penyakit ini. Dokter hanya akan merekomendasikan meminum acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dan demam, serta anestesi untuk menghilangkan rasa sakit di mulut. Gejalanya biasanya terjadi antara 7 sampai 10 hari.
  1. Minum Air Kelapa
    Dehidrasi / Kekurangan cairan adalah salah satu masalah dengan penyakit pada tangan, kaki & mulut sama seperti sariawan. Air kelapa dapat menolong menghilangkan rasa sakit dan membuat kita menjadi lebih tenang, dan bukan hanya itu, karena tingginya kadar potasium dan elektrolit, sangat baik untuk menghilangkan dehidrasi.
  2. Sayuran Berserat dan Sup Hangat
    Sementara memakan makanan yang padat akan membuat Anda merasa sakit, cobalah untuk menikmati sup yang hangat yang akan membuat tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup[ utnuk mengobati dari virus. Hindari makanan yang asin, pedas dan asam; karena akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit.
  3. Cucilah Mulut Sesudah Makan
    Untuk menghilangkan potensi terjadinya iritasi pada mulut, Anda dapat mencampurkan 1/2 sendok garam Himalaya pada segelas air hangat. Berkumurlah, lalu buang air tersebut dan ulangi kembali. Metode ini akan menolong meningkatkan pH tubuh Anda, dan mendukung daya tahan tubuh yang lebih sehat.
  4. Mengkonsumsi Minyak Kelapa
    Minyak kelapa akan membantu melawan bakteri di mulut, memberikan efek detoxifikasi dan memperkuat tubuh melawan virus.
  5. Oleskan dengan Minyak Kelapa
    Pada bagian ruam dan lecet, Anda dapat oleskan minyak kelapa untuk mempercepat penyembuhannya. Anti-microba dan anti-virus senyawa yang terdapat pada minyak kelapa yang dapat melegakan dan memberikan pertolongan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.
  6. Rendam dengan Air Hangat & Garam / Essential Oils 
    Bukan hanya menghilangkan bakteri jahat dan racun, tetapi ini juga akan dapat melancarkan aliran darah dan menghilangkan rasa sakit.


Kata-kata Terakhir

 
  • Penyakit pada Tangan, Kaki & Mulut (HFMD) ini disebabkan oleh virus Coxsackievirus A16 & Entovirus 71
  • HFMD ini sangat menular dan menyebar melalui cairan tubuh, ludah, lendir, feses dan luka.
  • Virus yang menyebabkan HFMD ini dapat hidup di udara, sehingga dapat berada di mainan yang tidak bersih, gagang pintu, toilet dan area lainnya yang jarang dibersihkan.
  • Mempraktekan pola hidup yang bersih termasuk mencuci tangan dengan benar, akan menolong menghindari penyakit ini.
  • Obat alami sangat efektif untuk melegakan dari rasa sakit, dan akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan virus.
  • Namun jangan lupa juga untuk selalu mempraktekan kebersihan dimanapun Anda berada, baik pada tangan & tubuh, juga pada rumah, kendaraan dan pastikan secara rutin untuk membersihkannya agar Anda terhindar dari infeksi.
  • Menyusui bayi akan menolong anak Anda untuk terhindar dari penyakit ini juga infeksi lainnya.

 

Semoga Artikel kesehatan ini dapat menolong Anda & keluarga untuk mendapatkan kesehatan yang prima dan selalu menjadi berkat bagi setiap orang.