Untuk dapat memiliki hidup yang sehat, sangat penting bagi kita untuk dapat mengendalikan diri. Akan tetapi ini bukanlah hal yang mudah. Banyak dari kita yang seringkali bergumul dengan masalah pengendalian ini, walaupun kita mengetahui apa yang harusnya dilakukan. Dan pengendalian diri dimulai dari otak.

Ilmu kedokteran sampai hari ini masih belum dapat menemukan sepenuhnya tentang otak kita. Tapi sesungguhnya otak kita merupakan penentu yang sangat penting yang akan menentukan pengendalian diri kita.

Banyak orang berkata bahwa sifat tidak dapat diubah. Tapi disaat seorang pria hendak mendekati wanita, ia dapat merencanakan sifatnya. Lalu disaat seorang atasan bersikap pada bawahan, ia akan merencanakan sifat yang tegas. Jadi kita bisa simpulkan bahwa sifat kita bisa diubah jika kita mau.

Pada bagian otak, di bagian depan ada yang disebut sebagai pre-frontal cortex. Berfungsi sebagai pengontrol dan penentu setiap tindakan kita.

Disaat kucing melewati manusia, ia tidak akan katakan permisi karena otak depannya hanya 3.5%. Jadi disaat seseorang melewati jalan dimana ada orang disampingnya dan tidak mengatakan permisi, itu artinya otaknya hanya 3.5% yang digunakan.

Lalu disaat musim kawin, anjing akan tidak memikirkan lagi apa yang akan ia lakukan tapi justru akan menunggangi anjing betina lain yang ia lihat. Pergerakan berdasarkan hawa nafsu ini disebabkan karena hanya 7% otaknya yang digunakan.

Itulah mengapa dalam proses pengendalian diri, kita harus bisa tentukan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan.

Syaraf otak kita memikiki 100 milyar sel saraf, dengan lebih dari 1000 tipe sel yang saling berhubungan.

Otak yang sehqt akan mencegah kelainan mental, dan akan memberikan kepuasan dalam hidup.

Jadi untuk dapat mengendalikan diri, kita perlu memilih untuk melakukan atau tidak melakukan. Dan pilihan ini ditentukan oleh otak depan kita sebelum kita bertindak.

 

Lalu hal apa yang perlu dikendalikan :

  • Emosi (kegembiraan, kesedihan, kebencian serta dendam)

  • Kenikmatan (nafsu, selera, keinginan)

  • Memuaskan panca indra dan hati (Apa yang kita lihat, dengan, rasa, raba haruslah tidak berlebihan)

Begitu juga halnya dengan makan. Walaupun ada makanan yang baik, tapi perlu dikonsumsi secukupnya, sementara sesuatu yang tidak baik dicegah.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan peran Pre frontal cortex di otak depan kita?

  1. Tidur yang nyenyak. Minimal 8 jam sehari. Karena hal ini akan meningkatkan pasokan darah pada tubuh.

  2. Olahraga. Dengan olahraga yang teratur akan memonpa darah ke otak sehingga menjadi lebih lancar.

  3. Mempertahankan kadar gula dalam tubuh.

 

Problem pada Pre frontal cortex terjadi karena: alkohol, napza, internet, gadget dan pornografi.

Dampaknya:

  • Memiliki masa simak yang pendek

  • Impulsif. Cepat marah dan bertindak tanpa berfikir.

  • Sulit menetapkan tujuan

  • Biasa menunda pekerjaan.

Proses kerja otak:

Otak depan diperantarai oleh serotonin.

Syaraf limbic diperantarai oleh dopamin.

Proses pembentukan serotonin dan dopamin adalah dari asam amino.

Asam amino yang membentuk serotonin adalah Asam Amino Triptofan.

Sumbernya dari susu, ikan, daging, tahu, kacang almond, sesame seeds, beras merah, dll.

Disaat jumlahnya lebih banyak dari 4 jenis asam amino lain (tirosin, methiosin, histidin,) maka akan menyebabkan produksi triptofan akan lebih tinggi.

Akan tetapi makanan hewani seperti susu, ikan dan hewani akan menyebabkan produksi triptofan lebih sedikit dari ke 4 asam amino lainnya.

Sementara tahu, kacang dan biji-bijian (produksi tumbuhan) akan meningkatkan triptofan lebih tinggi jumlahnya dari 4 asam amino lainnya sehingga serotonin akan lebih meningkat.

Serotonin juga akan meningkat di otak apabila kita melakukan olahraga yang reguler.

Jadi pada saat kita memilih untuk mengkonsumsi sayuran dan berolahraga, maka hal ini akan menolong produksi serotonin meningkat dan akan membantu kita untuk lebih dapat mengendalikan diri.

Kita bisa katakan hubungan antara pilihan kita dan produksi serotonin merupakan sebuah lingkaran yang tidak dapat terputuskan dalam menolong kita mengendalikan diri.

Lalu bagaimana dengan dopamin?

Dopamin dibentuk dari asam amino tirosin.

Dopamin akan meningkat responnya terhadap:

  • Obat-obatan dan narkoba

  • Alkohol

  • Kokain dan heroin

  • Musik rock, gadget dan seks

Namun dopamin bukanlah hal yang buruk, karena disaat dopamin dilepaskan, kita akan merasakan senang dan bahagia.

Tapi apabila terlalu sering dilepaskan, maka kita tidak akan merasakan kesenangan yang sama, dosis dan triggernya perlu ditambahkan.

Itulah mengapa seorang anak yang awalnya merasa senang saat bermain gadget dengan durasi 30 menit, maka berikutnya ia akan membutuhkan durasi yang lebih untuk mendapatkan kesenangan yang sama. (Thrilled to Death, Dr. Archibaled Hart)

Hal ini mirip dengan seseorang yang telah kecanduan. Orang tidak akan lagi dapat mengendalikan diri. Menyebabkan tensi darah kita meningkat dan penyakit.

Bahan makanan yang membuka jalur dopamin otak (Dr. Kessler) :

  • Makanan lemak tinggu

  • Makanan dengan kadar gula yang tinggi

  • Alkohol

Konsep PJP (Potensiasi Jangka Panjang)

Setiap kita mempelajari hal baru, otak akan membuat sambungan baru. Semula sambungan itu lemah. Oleh karena itu kita akan sulit mengingat hal baru, kecuali kita mempraktekannya.

Potensi jangka panjang ini merupakan sesuatu yang kita biarkan menjadi pemimpin, pada akhirnya akan menjadi suatu kebiasaan dan menguasai / memimpin pilihan kita.

Disaat seseorang tidak mau mengampuni, maka akan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan kanker.

Pengendalian diri akan membentuk kebiasaan. Dan kebiasaan akan membentuk tabiat dan sifat kita. Buatlah keputusan, sebutkan atau ucapkan kata-kata pengampunan tersebut. Menyebutkan kata-kata itu akan menolong kita untuk dapat mengampuni.

Manfaat otak depan kita sebagai pengendali utama. Biarlah otak depan kita yang akan menentukan rangsangan kebahagiaan kita dan bukan hawa nafsu yang menentukan hidup kita.

Pikiran yang biasa yang didisiplin dengan baik akan menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dan lebih tinggi daripada pikiran yang dididik tanpa pengendalian diri.

Semoga melalui artikel ini dapat menolong kita untuk mendapatkan hidup yang sehat bersama sahabat dan keluarga kita.