482147045-senior-caucasian-woman-rubbing-her-hands-gettyimagesRematik / Arthritis

Arthritis bahasa awam rematik.

Arthritis / radang sendi adalah sebutan umum untuk lebih dari 100 type arthritis diantaranya:

  • Osteoarthritis yang paling banyak, dikenal sebagai pekapuran, spur, biasa dikatakan sebagai kerusakan sendi karena pemakaian yang berlebihan/ aus.
  • Rheumatoid Arthritis (RA) adalah type Inflammatory arthritis – disebabkan oleh penyakit auto immune.
  • Gout – biasa hanya menyerang salah satu jempol setiap kali serangan, ini disebabkan kelebihan uric acid/ asam urat.

Apakah Arthritis itu?

Secara mudah dapat diartikan sebagai peradangan pada satu atau lebih sendi-sendi tubuh.

Gejala-gejala arthritis termasuk nyeri/ sakit dan fungsi yang terbatas dari sendi-sendi. Peradangan sendi-sendi pada arthritis menyebabkan kekakuan, pembengkakan, kemerahan.

Cara terbaik untuk mengatasi arthritis adalah pencegahan.

Karena type osteoarthritis yang terbanyak, maka yang dibahas adalah osteoarthritis.

Siapa yang lebih berisiko terkena osteoarthritis?

  • Orang yang bekerja kasar seperti tukang batu, olahragawan profesional yang banyak mengalami kontak badan, mudah mengalami trauma/ luka, orang yang bekerja ringan juga bisa kena, jika pekerjaannya adalah pekerjaan yang berulang-ulang, misalnya orang yang banyak bekerja dibelakang komputer, pekerja pabrik.
  • Bagi wanita, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi juga akan menjadi masalah atau jogging dengan sepatu yang terlalu keras.
  • Orang yang terlalu gemuk sering jadi masalah, bayangkan setiap saat harus mengangkat beban tambahan beberapa puluh kg, itu akan menjadi beban tambahan bagi persendian.

Cara pencegahan.

Ada dua faktor penting yang harus diingat:

  1. Sirkulasi.
  2. Eliminasi.

Sirkulasi adalah darah yang mengangkut nutrisi menuju ke persendian dan keluar dari persendian.

Eliminasi adalah proses membuang sisa sampah metabolisme dari persendian supaya tidak menumpuk disana dan menjadi masalah.

Ada beberapa faktor yang berhubungan dengan sirkulasi:

Yang pertama adalah Air. Jika kita kurang minum, darah akan menjadi terlalu kental, darah akan susah mengalir bersirkulasi dengan lancar. Akibatnya nutrisi yang dibawa oleh darah tidak sampai ke persendian dan sampah hasil metabolisme di persendian tidak dapat diangkut keluar, lama kelamaan persendian menjadi rusak.

Cartilage/ tulang rawan di persendian memiliki sifat seperti sponge/ busa dan terbuat dari 65-80 air. Air dalam cartilage ini bukan hanya untuk mentransportasi nutrisi, tapi juga bersifat sebagai shock absorber/ peredam kejut. Jika persendian ini kekurangan air terus, lama kelamaan tulang rawannya akan rusak dan akhirnya terjadi sakit arthritis.

Hal kedua yang penting selain air adalah Olah raga. Olah raga akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan itu baik untuk kesehatan persendian. Orang yang merasa sakit tentu sulit berolah raga, padahal bergerak itu sangat penting.

Olah raga yang baik adalah yang low impact, bukan olah raga yang keras. Kami sarankan berjalan kaki dan stretching serta berenang.

Hal ketiga yang sangat penting adalah Nutrisi.

Ada LIMA faktor nutrisi/ makanan yang penting untuk kesehatan persendian.

Pertama yang harus dihindari adalah makanan yang Refined food, jenisnya seperti tepung putih, gula, minyak, alkohol. Makanan olahan ini kebanyakan nutrisi penting dan seratnya telah hilang dan kalau dimakan akan menyebabkan darah lengket satu dengan yang lain, peredaran darah kurang lancar. Karbohidrat kompleks adalah solusi yang sangat baik. Anda tidak perlu makan Glucosamin yang terkenal untuk arthritis jika karbohidrat kompleks ini cukup.

Kedua adalah Inflammation food, makanan yang menyebabkan Inflamasi/ peradangan.

Diantaranya adalah: Daging hewani, terutama produk yang terbuat dari susu/ dairy product, jeroan dan makanan yang harus melalui pembusukan untuk membuatnya, seperti keju, wine, alkohol.dan cuka.

Makanan anti inflamsi yang baik diantaranya Sulfur yang terdapat di Brokoli, bawang bombay dan bawang putih, ditoko dijual sebagai supplemen dengan nama MSM. MSM dan glucosamin adalah paduan yang baik untuk arthritis, lalu nenas, kunyit, itu juga sangat baik untuk anti radang.

Lemak adalah unsur yang sangat aktif dalam menaikkan peradangan maupun mengatasi peradangan. Artinya ada lemak yang baik dan lemak yang jahat.

Secara umum, makanan yang kaya akan monounsaturated fat seperti yang terdapat di olive oil dan alpukat baik untuk menurunkan peradangan, sementara lemak jenuh seperti pada lemak hewani mengakibatkan peradangan.

Lalu minyak polyunsaturated fat misalnya minyak jagung, minyak kedelai atau minyak sayur, termasuk margarin dapat meningkatkan peradangan. Peradangan inilah yang membuat kita merasa sakit.

Ketiga adalah makanan yang bersifat Vasoactive. Makanan vasoactive adalah makanan yang akan merubah cara darah mengalir melalui sistem tubuh, makanan ini akan mengatur pembuluh darah sedemikian rupa dimana akan menyebabkan pembuluh di daerah lengan dan kaki menutup supaya lebih mendorong darah kedaerah jantung dan otak, sehingga seolah-olah membuat kita terasa segar. Contohnya adalah kafein, nikotin, coklat, teh, cola, keju, wine. ini semua sebaiknya dihindari.

Keempat adalah Long transit food, makanan yang mengalami masa transit panjang/ lama, artinya makanan yang dari mulut hingga keluar ke jamban memerlukan waktu perjalanan yang lama. Biasanya makanan demikian adalah makanan yang berlemak tinggi dan kurang berserat.

Kelima adalah Plague forming food/ makanan yang meninggalkan plak. Biasanya kita mengaitkan makanan yang meninggalkan plak ini dengan penyakit jantung dan stroke, tapi sebenarnya buruk juga untuk persendian.

Makanan ini adalah makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol, mengandung trans fat dan minyak yang dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi.

Yang sangat buruk lagi adalah kolesterol yang bercampur dengan udara, seperti pada eskrim, dan tepung kue dimana tepung ini mengandung telur (kolesterol).

Jalan keluar untuk semua itu adalah makanan yang ada dikebun atau setidaknya mendekati kondisi makanan yang ada dikebun. Ada buah, sayuran, polongan dan biji-bijian utuh, semuanya masih lengkap dengan serat dan nutrisi penting. Jika anda memakan makanan yang alami demikian, pasti anda akan terhindar dari arthritis.

Salah satu supplemen yang sangat terkenal dalam penanganan sakit persendian  adalah Glucosamine.

Glucosamine adalah gabungan molekul asam amino dengan gula sederhana dan menjadi salah satu bahan baku pembentukan cartilage/ tulang rawan.

Setiap hari sel-sel di persendian ini harus di perbaharui, oleh karena itu, perlu persediaan glucosamine yang cukup. Jika persediaan tidak mencukupi, maka akan timbul penyakit degeneratif seperti arthritis ini.

Dengan memakan makanan alami kaya karbohidtrat komplex, kaya serat, kebutuhan glucosamine akan tercukupi.

Makanlah makanan seperti Biji-bijian utuh, beras merah, beras pecah kulit, oat, kacang kedelai, ubi.

Sulfur.

Jika glucosamine dianggap sebagai kerangka bangunan, maka sulfur bisa diibaratkan sebagai pakunya. Sangat banyak fungsi sulfur ini, antara lain dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, pengeluaran racun/ detoxifikasi, dan pembentukan jaringan sel.

Sumber yang paling efektif adalah methylsulfonylmethane (MSM). Jika MSM ini digabung dengan glucosamine, efeknya akan lebih efektif lagi.

Makanan yang banyak mengandung sulfur adalah Asparagus, Brokoli, bawang bombay dan bawang putih.

Lemak Omega 3.

Dahulu orang memiliki konsepsi yang salah, seolah-olah dengan memakan minyak ikan, akan dapat melumasi persendian. Yang benar adalah lemak ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Oleh karena itu, bagi penderita radang sendi, konsumsi makanan yang kaya akan omega 3 seperti Flaxseed, Walnut, Pumpkin seed akan sangat membantu.

Kunyit mengandung curcumin, juga berfungsi baik sebagai anti peradangan, demikian juga jahe.

Sering-sering makan nenas, karena kaya akan bromelain, sangat baik untuk mengurangi radang.

Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C setiap hari, makanlah sayuran dan buah-buahan untuk kecukupan nutrisi ini.