Sarapan pagi demi kesehatan

Ada banyak orang yang tidak makan pagi, ada juga yang makan pagi sekedarnya. Bolos makan pagi bukan hal yang sepele, ada banyak kerugiannya jika tidak makan pagi atau makan dengan tidak benar.

Apa alasan paling sering orang tidak makan pagi?

Alasan paling utama biasanya adalah terburu-buru, tidak ada waktu, terlalu capek untuk menyiapkan makan pagi, tidak lapar, karena makan malam sudah larut dan paginya masih kenyang, ngantuk – ingin tidur lebih siang, tidak ada makanan yang tersedia dan ada juga karena ingin kurus.

Mengapa kita harus makan pagi?

Alasan pertama: Makan pagi dalam bahasa Inggris “Breakfast” break = buka, fast= puasa, jadi breakfast adalah buka puasa. Setelah kurang lebih delapan jam tubuh beristirahat, tentu kita bangun dalam keadaan perut yang kosong dan perlu diisi lagi untuk persiapan aktifitas di jam-jam selanjutnya.

Makan pagi penting karena setelah puasa, persediaan glukosa sebagai sumber energi bagi tubuh sudah menipis. Sumber utama glukosa kita dapatkan dari karbohidrat dalam makanan kita. Jika kita tidak makan pagi, maka tubuh akan tetap mengambil glukosa yang tersimpan di otot-otot dan hati kita yang disebut glicogen. Jika kita tetap tidak makan untuk waktu yang lebih lama, tubuh baru akan menggunakan lemak untuk memproduksi energi. Penggunaan sumber energi selain dari karbohidrat adalah kurang baik, oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk makan pagi yang kaya akan karbohidrat dan gizi seimbang untuk meningkatkan energi tubuh dan tentu saja untuk mengisi persediaan vitamin, mineral dan protein yang tubuh butuhkan.

Alasan kedua dan selanjutnya adalah:

  1. Kita mungkin akan mendapatkan kesulitan mengejar gizi seimbang dan kebutuhan tubuh akan nutrisi sepanjang hari jika tidak dimulai dengan makan pagi yang benar.
  2. Orang yang skip makan pagi akan kurang efisien secara fisik dan mental dalam menghadapi aktifitas dalam jangka yang panjang sepanjang hari itu.
  3. Sarapan pagi meningkatkan kemampuan otak.  Menurut berbagai riset , pelajar yag selalu sarapan pagi mencatat rata-rata skor lebih tinggi dibandingkan dengan rekannya yang melewatkan sarapan pagi. Mengapa? karena glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dapat digunakan otak, jadi logis tanpa glukosa yang cukup, kemampuan kerja otak tentu juga akan berkurang.
  4. Sarapan pagi juga akan memberikan mood yang baik pada anda.
  5. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dengan tidak sarapan pagi, ini adalah pendekatan yang salah dan terbukti orang yang skip sarapan pagi justru berat badannya lebih tinggi, mengapa demikian? Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori dengan lebih lambat dalam menyediakan kalori.  Sebaliknya makan pagi setelah perut kosong semalaman, akan meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari akan menjadi lebih efisien. Namun kembali kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang anda konsumsi.  Jika makanan yang anda makan terutama adalah yang berupa kandungan karbohidrat sederhana seperti donat, mie, roti putih, maka ini akan membuat glukosa dalam darah akan meningkat drastis kemudian turun drastis pula  Kondisi ini akan membuat anda lebih cepat lapar dan akan menagih makanan lebih awal, dan berat badan anda tidak akan turun. Yang benar tentu konsumsilah makanan berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum murni. Makanan dengan tinggi serat dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat Anda tidak cepat lapar.
  6. Melindungi Anda dari penyakit jantung.
    Riset menunjukkan bahwa wanita sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan memiliki kadar kolesterol LDL lebih tinggi dibandingkan dengan       mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu soya di pagi hari.
  7. Sarapan pagi yang benar dapat membantu menstabilkan gula darah – kabar baik bagi penderita diabetes,dan dapat pula mengatur selera makan dan pelepasan energi. Dikatakan orang yang sarapan pagi akan lebih merasa kurang lapar dibandingkan dengan yang tidak sarapan, oleh karena itu mereka lebih cenderung tidak kelebihan makan.
  8. Orang yang teratur makan pagi yang benar cendrung lebih sehat dan berumur lebih panjang.

Ada pepatah, makan pagi seperti raja, makan siang seperti ratu, makan malam seperti pengemis. Makan pagi adalah makan yang paling penting dibandingkan makan siang maupun makan malam.

Bagaimana dengan orang yang tidak ada waktu untuk sarapan?

Ya harus time management yang lebih baik, harus tidur lebih awal, jangan menonton terlalu larut misalnya, supaya bis bangun lebih pagi, supaya lebih banyak waktu. Bangun pagi adalah satu kebiasaan yang bisa kita bentuk.

Bagaimana dengan orang tidak merasa lapar?

Ada kemungkinan orang ini makan terlalu malam, terlalu banyak atau ngemil terlalu banyak sambil nonton mungkin, dan jaraknya dengan waktu tidur terlalu dekat sehingga makanan ini masih tersisa di lambung hingga pagi, jadi wajar tidak merasa lapar. Kembali harus atur waktu dan jangan makan terlalu malam, idealnya maksimal jam 7 sudah selesai makan, atau makan malam hendaknya yang paling sederhana supaya cepat dicerna sempurna sebelum tidur.

Bagaimana kalau tidak ada persediaan makanan di rumah?

Ya harus ada persediaan makanan yang mudah diolah, seperti oat dan sereal kering lainnya yang bisa dimasak dengan slow cooker misalnya, lalu makanan yang tahan disimpan dalam freezer seperti buah-buah frozen, dll.

Makan pagi yang benar:

Sebenarnya kita juga sering bingung, makan pagi yang baik itu seperti apa ya?

Yang sering saya perhatikan, makan pagi favorit orang Indonesia (kalaupun makan pagi) ialah:Nasi goreng, Mie Instant, kue-kue basah yang manis-manis, pisang goreng, susu, telur mata sapi, teh atau kopi, roti tawar dengan mentega dan gula atau coklat atau selai kacang, biskuit, atau kalau yang agak mewah biasanya daging seperti sosis, ham yang mudah diolah.

Makanan ini umumnya berupa karbohidrat sederhana, miskin gizi, kurang serat, barangkali juga terlalu berminyak. Makanan ini mungkin mengenyangkan, tapi akan membawa problem dikemudian hari.

Mulailah makan pagi anda dengan makanan yang kaya akan nutrisi, kaya akan serat, rendah lemak, serta kalau bisa mencakup antara ½ atau 1/3 dari kebutuhan kalori sehari.

Seperti apa makanan ini? Cobalah makan sereal yang natural, seperti oatmeal/ havermouth, muesli, kacang hijau, kacang merah, jali-jali. Bagi yang harus makan nasi, makanlah beras pecah kulit dan lauk sayur-sayuran, tahu, tempe, dll.

Makanan demikian memiliki sifat kaya karbohidrat kompleks yang tahan hingga siang hari, kaya serat, kaya protein dan lemak esensial

Sebelum makan pagi, makanlah terlebih dahulu buah-buahan seperti pepaya, nenas, pisang, jeruk, semangka, melon,apel atau apa saja buah yang sedang musim, satu jam kemudian, barulah mulai makan nasi atau sereal tadi.

Buah-buahan ini akan menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh, phytokimia dan antioksidant yang sangat bermanfaat yang tidak bisa anda dapatkan dari makanan pagi lain seperti yang tadi disebutkan.

Seringkali kendala orang tidak makan pagi juga karena bosan dan tidak tahu apa yang harus dimakan, jadi penting juga memiliki koleksi resep yang sehat, supaya kita tidak bosan dan kehabisan ide..